RGT,Tual – Pemerintah Kota Tual akan segera membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, hal tersebur dilakukan untuk menyikapi keluhan warga akan keterlambatan aparat pemerintah daerah dalam menangani setiap bencana alam yang terjadi di Kota Tual. Menurut wakil walikota Tual, Adam Rahayaan, meski sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah namun SKPD tersebut mempunyai keterbatasan sehingga dianggap sangat perlu untuk membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC).
TRC ini akan melibatkan berbagai pihak seperti aparat pemerintah daerah,TNI,POLRI,Instansi vertikal terkait ,Pers dll dan akan dibentuk dengan Surat Keputusan Walikota. Keterlibatan berbagai pihak ini bertujuan agar dalam penanganan suatu bencana dapat terkoordinasi dengan baik dan berjalan lancar.

“Tim Reaksi Cepat berasal dari berbagai kalangan terkait dan akan dibentuk dengan SK Wali Kota , sehingga mereka dapat bekerja maksimal dalam setiap penanganan bencana karena selama ini penanganan bencana di kota Tual belum terkoordinasi dengan baik” kata Adam Rahayaan

Selain itu beliau juga berharap agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tual agar lebih aktif dan reaktif terhadap persoalan bencana di Kota Tual sehingga menghindari tudingan masyarakat kepada Pemerintah Kota Tual yang dinilai kurang optimal dalam pelayanan penanganan bencana.

Advertisements