Dalam Pembukaan Kegiatan Gabungan Forum Satuan kerja perangkat daerah Forum SKPD, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun mengingatkan setiap SKPD agar memperhatikan Visi dan Misi Pemerintah daerah. Sejauh ini masih ada kekurangan dari SKPD dalam mengimplementasi maksud dan tujuan pembangunan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah Maluku Tenggara Periode ini.
Untuk itu pada tahun-tahun yang akan datang agar dapat diperbaiki.

Pada Forum SKPD tahun ini, yang bertujuan untuk merencanakan pembangunan tahun 2014, diharapkan setiap satuan kerja Perangkat daerah sudah harus memprogramkan kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi persoalan riil yang ada di tengah masyarakat Maluku Tenggara.

Untuk itu kegiatan Forum SKPD yang melibatakan semua unsure Pemerintah daerah, BUMN, BUMD dan stek holder ini diharapkan mendapat masukan dari setiap peserta, sehingga program yang direncanakan pada tahun 2014 benar-benar aspiratif dan memenuhi kebutuhan masyarakat Maluku Tenggara.

Kegiatan Forum Gabungan SKPD ini berlangsung selama sehari di sejumlah tempat yakni Kimson center, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial NAKETRANS dan BAPPEDA, disesuikan dengan bidang pelayanan masing-masing.