Menteri Perhubungan,E.E.Mangindaan,Jumat,08/03/2013 siang tadi melakukan kunjungan kerja ke Maluku Tenggara dan Kota Tual. Kujungan menteri tersebut terkait dengan rencana kedatangan Presiden RI,Susilo Bambang Yudhono dalam rangka meresmikan sejumlah proyek sarana perhubungan di Maluku, yang diantaranya adalah Bandar Udara Ibra dan Pelabuhan Tual yang akan digelar pada akhir bulan Maret nanti.
Menteri didampingi oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu,Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, Dirjen Perhubungan darat,Dirjen Perhubungan Laut serta Dirjen Perhubungan Udara bersama – sama memantau dan meninjau langsung pengerjaan Bandara Ibra sekaligus melakukan dialog bersama kontraktor,konsultan dan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara.
Selanjutnya menurut Menteri Perhubungan E.E Mangindaan konstruksi dan bangunan ruang tunggu dan kantor Bandar Udara Ibra sangat baik, dimana landasan bandara sudah selesai dikerjakan hanya masih tersisa ruang tunggu dan sarana penunjang lainnnya, oleh karena itu Ia berharap Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara agar membantu dalam proses penyelesaian pekerjaan termasuk jalan masuk khusus jalur bandara yang sudah hampir rampung penyelesaiannya.

Setelah melakukan peninjauan kondisi pembangunan Bandara Ibra, Menteri Perhubungan EE. Mangindaan mengatakan penyelesaian pengerjaan Bandara Ibra bisa memakan waktu 1 hingga 2 bulan dan bila sudah selesai maka tidak menutup kemungkinan Bandara Ibra dapat diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu yang juga ikut dalam kunjungan tersebut mengatakan akan mendukung sepenuhnya pemerintah Maluku Tenggara demi upaya penyelesaian pengerjaan Bandara Ibra dan berharap agar segala kekurangan yang masih ada, secepatnya di lengkapi.

Sesuai rencana Presiden RI akan meresmikan Bandara Ibra pada akhir Maret ini namun sesuai pantauan di lapangan pengerjaan Bandara Ibra baru mencapai 30 % kesiapannya, sisi yang sudah siap untuk dipergunakan adalah landasan pacu sementara semua fasilitias pendukung lain masih dalam tahapan pengerjaan. Diperkirakan akhir tahun 2013 Bandara Ibra sudah bisa beroperasi.