Kepala Dinas pertanian dan Kehutanan Kota Tual M.Z. Nanang Banjar mengatakan Program utama untuk tahun 2013 ini pihaknya lebih Fokus pada pengembangan Peternakan selain usaha tanaman sayuran dan hortikultura. Pengembagan usaha pertanian dan peternakan ini akan dilaksanakan merata di semua Kecamatan yang ada di wilayah Kota Tual.
Untuk mengawal dan meningkatkan usaha tani dan ternak maka pihaknya akan merekrut tenaga-tenaga ahli dari Sarjana maupun SMK Pertanian yang akan ditempatkan pada Balai Penyuluh Pertanian yang ada di Daratan Dullah maupun di pulau-pulau. Sangat diharapkan agar upaya tersebut dapat menjadi motivator bagi petani dan peternak dalam mengembangkan usahanya.
Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Tual, Nanang Banjar, menambahkan program tahun ini juga disinkronkan dengan Program Pengembangan Masyarakat Maren Kota Tual sehingga apa yang menjadi tujuan pemerintah Kota Tual dalam mensejahterakan masyarakat dapat terwujud karena hal ini juga dapat mengurangi angka kemiskinan di Kota Tual.