RGT,Langgur – Kamis (31/01/2013) siang Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan,Leon Muhamad, bersama dengan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, melakukan kunjungan ke Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. Dalam kunjungannya ke Maluku Tenggara Dirjen Perhubungan, Leon Muhamad, memantau langsung pembangunan Bandar Udara Ibra. Pembangunan bandara tersebut menurut Leon Muhamad sudah cukup baik dan meminta kepada kontraktor terkait agar memperhatikan dan melengkapi kekurangan – kekurangan yang masih ada, karena ditemui adanya kemiringan pada landasan pacu. Sementara ketika melakukan kunjungan ke Kota Tual, Leon Muhamad memantau pembangunan Dermaga Tual yang di kerjakan dengan menggunakan dana APBN tahun 2012.

Meski masih belum sesuai dengan yang di harapkan Leon Muhamad mengingatkan dua instansi terkait yakni pihak Kantor Perhubungan Udara dan Kantor Pelabuhan Tual agar secepatnya dapat menyelesaikan proyek yang notabene berada di bawah pengawasannya. Selain itu kepada wartawan Leon Muhamad menyatakan sangat prihatin dan menyayangkan tingginya angka kecalakaan laut yang terjadi di kedua daerah ini.

Beliau menambahkan Kementrian Perhubungan berencana menambah armada kapal untuk membantu lancarnya transportasi laut di kedua daerah ini dan berjanji akan membantu pemerintah kedua daerah ini dalam menyelesaikan pembangunan Bandara Ibra dan Dermaga Tual.
Serupa dengan Dirjen Perhubungan Gubernur Maluku Karel Ralahalu juga menilai pembangunan Bandara Ibra sudah sangat baik pengerjaannya sehingga beliau berharap agar Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara memberi dukungan penuh sehingga pembangunan tersebut bisa diselesaikan secepatnya. Gubernur juga menambahkan bila pembangunannya tidak terhambat maka sesuai jadwal di akhir bulan Maret nanti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan Bandara tersebut.
Gubernur Maluku juga mengharapkan apabila Presiden berkesempatan dating ke Maluku Tenggara maka sebaiknya hal tersebut dimanfaatkan oleh Bupati Maluku Tenggara untuk mengusulkan sejumlah pembangunan infrakstruktur yang belum dimiliki Maluku Tenggara.
Seusai melakukan kunjungan Gubernur Maluku dan Dirjen Perhubungan langsung melakukan penerbangan kembali ke ibukota propinsi, Ambon.