Ketua DPRD Maluku Tenggara, Alex Welerubun mengatakan, DPRD sudah menyetujui besar anggaran bagi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maluku Tenggara sebesar 9,5 milyar dan Pengawas Pemilu atau Panwaslu Maluku Tenggara sebesar 3 milyar. Dana tersebut untuk pelaksanaan pemilu kepala daerah bupati dan wakil bupati Maluku Tenggara dan gubernur serta wakil gubernur Maluku pertengahan tahun 2013 ini.

sesuai draft yang disodorkan pemerintah daerah, anggaran yang di usulkan Panwaslu dan KPUD sangat tinggi, namun pihaknya menetapkan KPUD mendapat 9,5 milyar dan Panwaslu mendapat 3 milyar. Namun DPRD akan meminta penambahan anggaran sekitar 500 juta kepada KPUD sesuai kebutuhan.

Ketua DPRD menambahkan dari dana yang sudah di sepakati, DPRD akan menyampaikannya kepada tim evaluasi Gubernur dan Bawaslu Propinsi Maluku sehingga dana yang akan diberikan pemerintah daerah propinsi Maluku dan pemerintah Maluku Tenggara bisa bertanggungjawab dengan baik.

Ketua DPRD Alex Welerubun melanjutkan bila dalam perjalanan dana tersebut masih belum cukup, maka Panwaslu dan KPUD bisa mengusulkan penambahan dana kepada pemerintah daerah, sehingga dapat diteruskan untuk disampaikan masukan di dalam perubahan APBD Maluku tenggara 2013 hal ini dimaksudkan demi lancarnya pelaksanaan Pemilukada yang sudah merupakan agenda daerah.