Ketika sejumlah kandidat walikota dan wakil walikota Tual,masih melakukan manufer untuk mendapatkan rekomendasi partai pengusung, salah satu kandidat walikota dan wakil walikota Tual resmi bersepakat untuk maju bersama dalam pemilihan kepala daerah walikota Tual periode 2013 – 2018. kandidat tersebut yakni calon walikota Hj. Bakri Tamher dan calon wakil walikota Lukman Matutu.

Hj.Bakri sendiri menyatakan sudah mengantongi 3 rekomendasi partai politik yang memiliki 4 kursi di parlemen, sehingga sudah cukup untuk mengusungnya dalam bursa pencalonan walikota 2013 bersama calon wakil walikota Lukman Matutu. 3 partai tersebut diantaranya Partai Bintang Reformasi yang mempunyai 2 kursi di DPRD serta PNBK dan PKPI yang memiliki masing – masing 1 kursi.

Kepada Radio Gelora Tavlul kandidat walikota Tual Hj. Bakri Tamher menyatakan,mendapatkan tawaran dari beberapa partai besar lain, namun dengan rekomendasi 3 partai di parlemen ia merasa sudah cukup untuk masuk dalam bursa pencalonan walikota Tual periode 2013 – 2018.