Setelah diberangkatkan dari pelabuhan fery Sabtu (12/01/2013) subuh kemarin,dengan tujuan pulau Tayando. Motor rakyat Tayando Maule yang mengangkut 24 penumpang ditambah 4 awak motor, serta mengangkut puluhan ton semen dan beras, tenggelam sabtu petang di perairan pulau Er Godan dan pulau Tayando. Sebelumnya kendaraan laut tersebut di hantam ombak besar dan angin kencang. Upaya pencarian yang dilakukan tim SAR dari Sabtu petang hingga Minggu (13/01/2013) pagi barulah membuahkan hasil.

25 penumpang di tambah ABK di temukan selamat di pulau Er Ngodan,sementara 2 lainnya meninggal dunia atas nama Samsia (55 tahun) dan Umar Rahakbaw (7 tahun). Sementara 1 korban hingga saat ini masih belum di temukan atas nama Samsia Kabakoran.

Salah satu korban selamat Fikri Banyal 14 tahun menuturkan saat kejadian, motor di hantam ombak besar dan akhirnya tenggelam. Ia dan seluruh penumpang yang berhasil selamat setelah berenang dengan menggunakan jirigen dan pelampung ke pulau Er Ngodan.

Sementara itu Saat di evakuasi oleh KM Badik kapal Kosguar milik Kantor Pelabuhan Tual ke pangkalan angkatan laut, sebagian besar penumpang yang sudah lemas langsung di larikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis, dan penumpang yang meninggal dunia langsung di serahkan ke pihak keluarga.