3 gedung kantor yang di segel masing – masing adalah gedung Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil. Penyegelan tersebut di lakukan oleh ahli waris tanah yang diganakan untuk membangun 3 gedung kantor tersebut.

Kace Talaut pihak yang melakukan penyegelan menjelaskan, penyegelan dilakukan karena belum selesainya pembayaran ganti rugi dengan luas areal tanah 12 ribu meter persegi,yang saat ini sudah dibangun beberapa gedung kantor dinas milik Pemerintah Kota Tual, yang 3 kantor diantaranya di segel minggu (13/01/2013) sore hingga senin (14/01/2013) siang, sedangkan beberapa diantaranya sudah di segel hampir 1 tahun ini.

Kace Talaut menambahkan agar segera Pemerintah Kota Tual merealisasi pembayaran tanah miliknya dengan harga mencapai Rp.800.000.000,- dan harus di selesaikan dalam bulan Januari ini, dan bila tidak ada respon dari pemerintah Kta Tual maka pihaknya akan kembali melakukan pemalangan dan penyegelan kepada seluruh kantor yang dibangun di atas tanah miliknya.

Kace Talaut melanjutkan ia mempunyai bukti kepemilikan tanah yang sah di depan hukum dan diakui oleh Badan Pertanahan sehingga Pemerintah Kota Tual tidak perlu kuatir untuk menyelesaikan pembayaran ganti rugi tanah miliknya, yang ia nilai sebagai tanah sejarah.