Hampir kurun waktu satu bulan terakhir ini, polres Maluku tenggara gencar menggelar operasi Zebra Siwalima dan Operasi penyakit masyarakat atau Pekat siwalima 2012, Kedua operasi digelar sebelum memasuki hari raya Natal yang puncaknya akan digelar operasi lilin siwalima 2012. Hal ini Disampaikan Kabag Ops Polres maluku tenggara, AKP. A.M. Rumra.

Ia menambahkan, sejak adanya instruksi dari Kapolda kepada seluruh jajaran Polres di Maluku, pihaknya langsung bergerak cepat melaksankan instruksi tersebut dengan menggelar operasi Zebra yang berlangsung sejak 1-16 November dan dilanjutkan dengan operasi pekat sejak awal desember hingga tanggal 16 desember nanti.

Lanjut Rumra kedua operasi yang digelar merupakan persiapan menjelang perayaan Natal oleh umat kristiani di Kabupaten Malra dan Kota Tual, yang akan didukung dengan operasi lilin siwalima 2012.

operasi zebra yang digelar adalah operasi yang ditunjukan bagi masyarakat yang berkendaraan di jalan raya sementara operasi Pekat / digelar untuk memberantas penyakit masyarakat diantaranya minuman keras, perjudian, prostitusi dan penyakit sosial lain yang ditemukan di lapangan.

terkait kondisi itu, A.M Rumra mengimbau agar masyarakat selalu patuh pada aturan yang sudah ditetapkan, bagi para pengendara harus melangakpi atribut serta kelengakapan surat saat berkendara.