Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Maluku Tenggara Ibrahim Tamher, mengatakan lomba bola voly putra – putri Bupati Cup ini diikuti 25 tim dari berbagai sekolah SMA/ SMK/ MA sederajat di Maluku Tenggara dan resmi dibuka sabtu 24 November lalu.

Ajang bola voly Bupati Cup tersebut bertujuan untuk menjadi sarana mencari bibit – bibit muda di cabang olahraga bola voly, yang rencananya akan dibina langsung oleh PBVSI Maluku Tenggara dan KONI Maluku Tenggara, demi menjawab kebutuhan bibit muda untuk berlaga di Pekan Olahraga Maluku Popmal ke III tahun 2013 mendatang yang akan dilangsungkan di Kabupaten Maluku tenggara dan Kota Tual.

Selanjutnya Ibrahim Tamher menambahkan bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang akan di genjot oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga karena cabang olahraga ini merupakan salah satu mata lomba favorit yang paling sering diselenggarakan di Kabupaten Maluku Tenggara. Namun dalam POPMAL 2 tahun terakhir mata lomba tersebut sudah direbut oleh beberapa kabupaten baru di Maluku. Sehingga pihaknya akan berupaya untuk mengembalikan kejayaan Maluku Tenggara di cabang olahraga bola voly yang salah satunya dengan mencari bibit muda yang dilihat cukup banyak tersebar dari sekolah – sekolah yang ada di kota hingga di kecamatan.