Calon Jemaah Haji Tahun Haji 2012 berasal dari Kabupaten Maluku Tenggara Tahun ini sebanyak 41 Orang , hal ini Mengalami Penurunan Jika dibandingan dengan Tahun 2011 lalu yang sebanyak 57 Jemaah. Jemaah Haji akan diberangkat dari Langgur Ibu Kota Maluku Tenggara tanggal 28 september menujuh embarkasi Makassar yang tergabung dalam kloter 19 emberkasi Makassar.
Hal ini disampaikan Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun saat melepas para calon jemah haji tersebut (selasa 25/09/2012)
Dari 41 satu Jemaah Haji tersebut 5 orang dibiayai oleh pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara sebagai pendamping hal tersebut telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2008 Sejak masa kepemimpinan Pemimpin Daerah saat ini .
Bupati dalam sambutanya mengatakan, Sebagai wujud kepedulian dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupateb Maluku Tenggara terhadap pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2012 ini Pemerintah Daerah telah mengalokasikan pemberian bantuan transportasi dari Langgur ke embarkasi (Makassar ) begitu juga sebaliknya dari Embarkasi Makassar ke Langgur.
Pemerintah Daerah juga memberikan Bantuan kepada tim Pendamping Daerah Sebanyak 5 (Lima ) Orang Masing-Masing sebesar Rp. 50.000.000.(lima Puluh Juta Rupiah)
Untuk Itu Bupati mengharapkan agar para Jemaah Haji dapat mentaati dan menjalankan apa yang telah diterima selama mengikuti Manasik Haji yang diberikan Kantor Kementerian Agama serta doa dan harapan dari masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara agar sekembalinya Jemaah di daerah ini memperoleh Gelar Haji Mabrur. (ART)